Dalam era globalisasi dan teknologi informasi sekarang ini, peningkatan kompetensi dan profesionalisme fisikawan adalah syarat yang perlu dipenuhi, terutama untuk mengantisipasi berbagai perubahan yang terjadi baik di dalam negeri maupun dunia internasional. Peranan fisikawan telah berkembang seiring dengan berkembangnya bidang kajian fisika secara cepat dan luas, seperti teknik pengukuran presisi, teknologi bahan, piranti skala mikro, metode baru dalam fisika kebumian, fisika medis, biofisika, dan lain sebagainya.

Pengembangan dan pelaksanaan pendidikan fisika lanjutan sangat diperlukan untuk tujuan meningkatkan kompetensi dan profesionalisme fisikawan agar sesui dengan tuntutan perkembangan IPTEK fisika di masyarakat, dengan tanpa mengabaikan basic knowledge ilmu fisika serta prospek perkembangannya di masa depan.

Oleh karena itu didirikannya program Studi Magister (S2) Fisika UB atau disingkat PSMF, berdasarkan SK Dirjen Dikti No. 1150/D/T/2009, tertanggal 15 Juli 2009, dan sebagai Unit Pengelola PSMF adalah FMIPA. Yang mana PSMF merupakan program lanjutan dari Program Sarjana Fisika atau sarjana-sarjana lain yang masih berkaitan dengan bidang fisika, dengan pendalaman pada bidang-bidang keahlian tertentu.

Berdasarkan SK BAN-PT No.006/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013, tanggal 4 Januari 2013, PSMF FMIPA UB terakreditasi A, dan berlaku s/d 4 Januari 2018, dan tanggal 19 Desember 2017 PS Magister Fisika FMIPA UB berhasil mempertahankan nilai Akreditasi A yang berlaku sampai 19 Desember 2022.